Profil instastories

Bahasa Ajaib Dalam Dunia Jual Beli Online

Hari gini, siapa sih yang gak tau nama nya “Jual beli online” atau cara melakukan jual beli online di Medsos alias Media Sosial.

Tentu semua paham atau mungkin sudah ahli soal dunia per-online-nan.

Tapi yakin, semua tau bahasa-bahasa ajaib yang biasa di gunakan di dunia perdagangan online ? buat yang belum pahan atau mungkin gak paham, yuk kita bahas satu persatu.

1.       COD  = Cash on Delivery. Ada uang ada batang. Eh typo… ada uang ada barang maksudnya. Hehe

Kata ini biasanya di gunakan agan dan sista yang mau melakukan transaksi jual beli barang / produck dimana pembayaran nya dilakukan setelah barang tiba atau sampai pada si pemesan.

2.       PL  =  Pre-loved atau bisa disebut, “Barang bekas “ seperti mantan missal nya. Ups

3.       PO =  Pre Order. Atau barang tidak Ready. Dimana pemesan harus bersabar menunggu sampai   barang dinyatan ready atau siap kirim.

4.       Dropship = menjual barang tanpa stock barang. Ini nih yang biasanya dilakukan oleh pada penjual online yang belum memiliki modal namun ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Cara nya mudah ko. Hanya perlu rajin menawarkan produck yang ingin kita jual dan jika ada yang ingin membeli hanya tinggal menghubungi si penjual asli dan tunggu komisi. Hehe

5.       Reseller = tidak beda jauh dengan Dropshiper sebenar nya. Hanya bedanya, Reseller harus menyetok barang terlebih dahulu agar bisa langsung dikirim kan jika ada yang memesan. Untuk masalah harga sih, suka-suka kita asal tidak terlalu berlebihan atau menganggu harga penjual lain.

6.       DP = Uang muka. Bukan uang gambar muka atau uang ditaro dimuka yah. Tapi pembayaran awal yang biasanya diminta sebagai tanda jadi sebuah transaksi.

7.       Ongkir = kepanjangan dari ongkos kirim. Tidak selalu wajib sebenar nya, karna terkadang ada beberapa platform penjualan yang memberikan promo bebas ongkir sebagai penarik minat para konsumen.

8.       Keep = pesakan barang. Sistem nya begini. Yang jualan belikan dulu..pakai uang pribadi. Kalo udah keep jangan sampai gak dibeli. Kasihan penjualan nya. Ngerti yoo !!

9.       PM/Japri = Japri atau kepanjangan dari Jalur pribadi. Dimana biasanya penjual memberikan tempat privasi untuk para konsumen nya yang ingin bertanya-tanya dahulu atau langsung memesan barang dan meminta konfirmasi. Biasanya bisa lewat inbox atau aplikasi WA jika memang penjualnya mengijinkan.

10.   Minor = batas pesanan minimal. Biasanya untuk promo bebas ongkir di platform belanja online.

11.   DO = Delivery Order. Dimana status pesanan sudah siap dikirim dan meluncur sampai pada pemesan.

12.   Hit&Run = PHP = pemberi harapan palsu. Alias bohong. Sudah Tanya banyak-banyak. Sudah janji mau bayar. Tapi tiba-tiba hilang setelah barang sudah disiapkan.

13.   SCDD = siapa cepat dia dapat.

14.   CLBK = chat lama beli kagak. Adik kaka sama PHP nih. Penyakit costumer yang kadang bisa jadi menyebalkan. Setelah brtanya selama berjam-jam tapi gak jadi beli karena Cuma kepo doing. Hadehh

15.   Plus - Minus = kelebihan dan kelemahan produck

16.   TT = Tukar tambah. Jangan ngeres hayu otak nya. Biasanya kalimat ini dituliskan oleh para seller yang ingin menjual barang nya tapi juga ingin mendapat yang baru. Biasanya dilakukan oleh para penjual barang elektronik seperti HP, TV, dll.

 

Segitu dulu yang bisa ane bagi yee. Semoga sedikit ilmu ini bisa menambah pengetahuan buat yang belum tahu ye.

Semoga yang jualan juga urusan nya gampang dan laris manis. Dan semoga aja para pembeli rejeki nya juga lancer biar gak bawel-bawel amat kalo nawar. Hehe piss ah.

Jangan baper ya gan, sis, bro. silahkan jika ada yang ingin menambhkan. Biar sama-sama kita belajar dan pinter bahasa peronline-nan.

Salam sayang dari si reseller yang barang-nya gak laku-laku.

Yunki Min

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS