Aturan Mandi Setelah Operasi Caesar: Waktu yang Tepat, Tips, dan Manfaat

Trending 2 months ago 15
ARTICLE AD BOX

Setelah melahirkan, tentunya banyak hal yang mau dilakukan oleh para Bunda. Salah satunya yaitu mau membersihkan tubuh atau mandi agar badan kembali segar dan relaks setelah melalui proses melahirkan yang melelahkan. 

Namun bagi para bunda yang hendak mandi setelah operasi caesar, hal tersebut tak dapat sembarangan dilakukan. Jangankan untuk mandi, beralih miring ke kanan dan ke kiri pun akan terasa sangat nyeri. 

Oleh karena itu, Bunda harus mengetahui mengenai bilamana waktu yang tepat, aturan dan tips mandi setelah melahirkan pasca operasi yang aman. 


Apakah boleh mandi setelah melahirkan?

Jika mau mandi pas setelah selesai melakukan operasi ialah hal yang tak boleh dilakukan. Larangan setelah operasi caesar ini bukan tanpa sebab, Bunda.

Luka caesar membutuhkan waktu sekeliling seminggu untuk sembuh. Sehingga, kalau jahitan yang tetap basah terkena air, ditakutkan dapat menyebabkan infeksi bahkan komplikasi parah. 

Bunda harus menunggu strip steril yang digunakan untuk menutup luka terlepas dengan sendirinya sebelum area tersebut terkena air. 

Jika Bunda memaksakan untuk tetap mandi, malah akan memperlambat proses pemulihan. Padahal, setelah operasi caesar tubuh membutuhkan waktu untuk pulih. Karena setelah operasi caesar, Bunda mungkin mengalami rasa sakit dan nyeri setelah melahirkan. Selain itu juga mungkin mengalami perdarahan vagina dan demam yang dapat menimbulkan kemungkinan meningkatnya risiko tertular infeksi. 

Kapan boleh mandi setelah operasi caesar?

Sangat krusial untuk mengetahui bilamana para bunda diperbolehkan untuk mandi setelah melakukan operasi caesar. Pertama, Bunda harus memastikan jahitan sudah benar-benar kering atau luka sembuh. Secara umum, kebanyakan bunda hamil dapat mandi 3-4 minggu setelah operasi caesar.

Meski begitu, ada beberapa orang yang mungkin dapat mandi lebih cepat, seluruh tergantung dari kondisi masing-masing. Oleh karena itu, Bunda dapat melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hal yang wajib diperhatikan bila mau mandi pasca operasi

Sebelum mandi, ada beberapa hal yang musti diperhatikan oleh Bunda, adalah sebagai berikut:

Hindari menggunakan shower atau menuangkan air langsung.  Pilihlah sabun yang mengandung anti-bakteri agar luka bebas dari kuman.  Saat mandi, gunakan air dengan temperatur hangat. Air yang terlalu dingin atau panas akan dapat menyebabkan komplikasi.  Jangan gunakan parfum atau minyak mandi.  Tips membersihkan diri setelah melahirkan

Bunda juga dapat memperhatikan beberapa tips membersihkan diri sebagai berikut:

1. Pastikan bunda kondusif saat hendak berendam di bathup

Memastikan Bunda masuk dan ke luar bath up dengan kondusif ialah tindakan preventif yang pertama kali harus dilakukan. Meskipun Bunda meyakini bahwa luka jahitannya sudah sembuh, namun apabila tak cukup kuat menopang tubuh, mintalah donasi dari seseorang atau tunggu tiba benar-benar merasa pulih. 

2. Pilih produk mandi yang pas dan aman 

Hindari penggunaan produk mandi seperti sabun yang terlalu keras untuk menghindari iritasi di area bekas sayatan. Pilih juga sabun mandi yang mengandung anti-bakterial.

3. Gunakan air hangat 

Saat mandi gunakanlah air hangat alih-alih air dingin atau air panas. Selain itu, berhati-hatilah jangan menggosok area luka sayatan, lakukanlah usapan lembut.

4. Biarkan alir mengalir di luka bekas sayatan 

Saat mandi, biarkan air mengalir di atas luka sayatan yang sudah sembuh. Harap diperhatikan untuk tak menggunakan semprotan air dari pancuran langsung atau menuangkan air ke atasnya. 

5. Keringkan tubuh secara lembut dengan handuk 

Setelah selesai mandi, maka krusial untuk mengeringkan tubuh secara menyeluruh terutama bagian bekas sayatan. Tetapi Bunda juga harus memperhatikan agar menimbulkan iritasi. Tepuk-tepuklah area tersebut dengan handuk untuk mengeringkannya.

Manfaat mandi setelah operasi caesar

Mandi pasca operasi caesar, apabila luka sudah dirasa sembuh dapat memberikan banyak faedah bagus untuk para ibu. Berikut ialah beberapa faedah mandi setelah operasi caesar:

1. "Me time" bagi para ibu

Meskipun mandi hanya dilakukan secara singkat, namun akan memberikan cukup waktu bagi para bunda untuk dirinya sendiri. Meskipun terlihat sederhana, hal ini merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi seorang wanita setelah mereka mempunyai anak. 

2. Pikiran tenang dan tubuh menjadi rileks

Air hangat membantu meredakan nyeri otot dan meningkatkan relaksasi di seluruh tubuh. Relaksasi yang tenang ialah hal yang sempurna untuk mengembalikan pikiran yang fresh dan mengurangi stres.

3. Membantu mengurangi depresi pasca melahirkan

Mandi air hangat sebelum tidur juga membantu para bunda terutama mereka yang mengalami baby blues atau depresi pasca persalinan. 

4. Meredakan sakit panggul

Mandi sitz atau mandi dangkal dengan air yang hanya beberapa inci di dalam bak mandi, dapat membantu meredakan nyeri di area panggul. 

5. Baik bagi penderita wasir

Jika Bunda menderita wasir, maka mandi sitz selama 15-20 menit dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan iritasi. Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan air dengan temperatur hangat. 

Tanda infeksi luka caesar yang perlu diketahui

Sebelum memutuskan untuk mandi, Bunda harus memperhatikan apakah luka sayatan sudah sembuh atau malah mengalami infeksi. Maka berikut tanda-tanda infeksi luka caesar yang perlu Bunda ketahui:

Demam Rasa nyeri yang parah pada area luka sayatan  Kemerahan  Luka yang berbau busuk  Keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning atau nanah dari area luka sayatan  Pendarahan di area luka 

Nah, setelah mengetahui syarat diperbolehkan mandi usai operasi caesar, Bunda juga sebaiknya segera mencari donasi medis ya kalau merasa muncul tanda-tanda infeksi.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga informasi terkait operasi caesar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)