Profil instastories

Berusaha membalas Jasa Orang tua. SEMANGAT - TAKBIR

Apa sih Nafsu Itu Kak ?

Aku mau ke mall, beli baju baru, sepatu baru, tas baru, perabot rumah, Mmmm apa lagi yaa???

Inilah kita, kalau urusan belanja nomer satu, tapi kalau urusan ngeluarin uang buat infak, "Ntar dulu deh, ntar duitnya berkurang lagi."

Yap ini semua karena nafsu yang sudah melekat  di diri kita. 😌

 

Yang namanya nafsu, sudah dari sono nya tidak suka pada yang hak(kebenaran) tapi senang pada yang batil. 😒

Dan mengendalikan hawa nafsu itu sangat berat, membutuhkan kesabaran yang ekstra kuat. 😌

 

Diriwayatkan, sepulang dari perang Badar, Nabi SAW bersabda kepada para sahabat:

 

رَجَعْتُمْ مِنَ اْلجِهَادِ اْلأَصْغَرِ إِلَى الجِهَادِ الأَكْبَرِ فَقِيْلَ وَمَا جِهَادُ الأَكْبَر يَا رَسُوْلَ الله؟ فَقَالَ جِهَادُ النَّفْسِ

 

 "Kalian telah pulang dari sebuah pertempuran kecil menuju pertempuran akbar. Lalu sahabat bertanya, 'Apakah pertempuran akbar (yang lebih besar) itu wahai Rasulullah?' Rasul menjawab, 'jihad (memerangi) hawa nafsu.'"

 

Sabar terhadap nafsu/syahwat adalah sabar terhadap semua yang perkara duniawi yang mubah yang disenangi oleh jiwa.

 

Untuk mewujudkan sabar ini, ada dua cara yang bisa dilakukan: 

🔹 Secara batin, dengan cara menahan diri dari memikirkan kesenangan, serta tidak cenderung kepadanya. 😉

🔹 Secara dhohir, dengan cara menahan diri dari mencarinya dan mengejarnya. 🏃‍

 

Emang apa sih bedanya pakai baju yang harganya selangit, lengkap dengan tas brandednya,, dibandingkan dengan baju dan tas yang kualitasnya standar?? 

Yang penting kan menutup aurat, nggak harus perfect banget kan?? 😌

 

💵 Daripada uangnya kita habiskan untuk membeli barang mewah dan mahal, mending kita infakkan untuk bekal akhirat. Benar kan? 😉

Kalau kita ikutin hawa nafsu, nggak akan ada habisnya. Semakin dituruti, dia semakin menjadi-jadi. 😓😌

 

Orang yang sibuk mencari kesenangan duniawi, akan berantakan ibadahnya kepada Allah SWT dan akan beresiko tercebur ke dalam perkara syubhat dan haram. Yang lebih parah lagi, hatinya bisa terkena penyakit cinta dunia. 😱😰

 

Karena itu, udah lah.. sabar sedikit! 😌

Dunia ini bukanlah tempat bersenang-senang. Dunia ini adalah tempat untuk berjuang meraih kebahagiaan di akhirat. 💪

 

Al-Imam Abu Sulaiman Ad-Darani ra berkata:

 

ترك شهوة واحدة انفع للقلب من عبادة سنة

 

"Meninggalkan satu kesenangan lebih bermanfaat bagi hati daripada beribadah satu tahun."

 

Barangsiapa yang tekun bersabar menahan hawa nafsunya terhadap kesenangan dunia walaupun mubah, maka Allah SWT akan memuliakannya dengan mencabut cinta dunia dari dalam hatinya.

 

Ayo kita tingkatkan kesabaran terhadap hawa nafsu, sehingga kita mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT. Aamiin..

 

Sumber: Kajian Kitab Risalah Mu'awanah bersama Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments
Muhammad Syarif Hidayat - Apr 19, 2020, 4:39 PM - Add Reply

Alhamdulillah

You must be logged in to post a comment.
Masitoh - Apr 19, 2020, 10:44 PM - Add Reply

Masya Allah

You must be logged in to post a comment.

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 8, 2020, 1:15 PM - Annisa mahmudah
Jul 6, 2020, 10:20 PM - Chocho_Yucho
Jul 3, 2020, 6:34 PM - Tjahjono widarmanto
Jul 3, 2020, 6:26 PM - Nnaga
Jul 3, 2020, 1:07 PM - Kristina Dai Laba
Jul 2, 2020, 2:25 PM - Mei Elisabet Sibarani