Apa Saja Jenis Roti Terbaik untuk Penderita Kolesterol?

Trending 1 week ago 10
ARTICLE AD BOX

Ada beberapa jenis roti untuk penderita kolesterol yang dapat jadi asupan sehari-hari. Beberapa jenis roti ini dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Ilustrasi. Ada beberapa jenis roti untuk penderita kolesterol yang dapat jadi asupan sehari-hari. (Pixabay/edar)

Jakarta, Instastori Indonesia --

Kadar kolesterol tinggi dalam darah tak berarti membikin Anda harus meninggalkan asupan roti. Anda tetap dapat menyantap roti, namun dengan jenis yang lebih sehat.

Ada jenis roti untuk penderita kolesterol yang dapat jadi asupan sehari-hari. 

Roti sendiri terbuat dari biji-bijian. Umumnya, yang digunakan ialah biji-bijian jenis gandum.

Di luar itu, ada pula roti yang terbuat dari biji-bijian olahan. Biji-bijian jenis ini dapat meningkatkan umur simpan dan memberikan tekstur yang lebih halus.

Namun, roti yang terbuat dari biji olahan umumnya minim serat dan nutrisi lainnya seperti unsur besi dan vitamin B.

Padahal, asupan serat bagus untuk penderita kolesterol. Serat makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik

American Heart Association (AHA) bahkan merekomendasikan asupan biji-bijian utuh yang kaya serat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk diantaranya menjaga kadar kolesterol.

Roti untuk Penderita Kolesterol

 wholegrain and seeds sliced bread shot on rustic wooden table. Predominant color is brown. High resolution 42Mp studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lensIlustrasi. Roti gandum, roti terbaik untuk penderita kolesterol. (iStockphoto/fcafotodigital)

Pertanyaannya kemudian, apa roti terbaik untuk penderita kolesterol?

Mengutip Live Strong, sebagai permulaan, Anda dapat menghindari asupan roti putih. Alih-alih roti putih, Anda dapat mengonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.

Untuk mengetahuinya, AHA merekomendasikan Anda untuk memperhatikan label nutrisi pada kemasan roti.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba roti yang terbuat dari gandum atau biji rami.

1. Roti gandum

Secara khusus, gandum kaya akan serat dan nutrisi bermanfaat lainnya seperti magnesium, vitamin B1, dan unsur besi. Serat dalam gandum yang dikenal sebagai beta-glukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mengutip Healthline, sebuah tinjauan menemukan bahwa konsumsi serat beta-glukan harian secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Namun, tak seluruh roti yang menyertakan label nutrisi 'gandum' dipastikan sehat. Beberapa roti gandum hanya mengandung sedikit gandum yang dicampur dengan tepung halus, gula tambahan, dan minyak.

Untuk menemukan roti gandum yang tepat, carilah roti yang mencantumkan 'gandum' dan 'tepung gandum' sebagai dua bahan pertama.

3. Roti rami

Ingredients for healthy home made sandwiches. Rye bread, spinach, young kale, cucumber, radish sprouts. Healthy eating concept. Flat layIlustrasi. Roti rami juga jadi salah satu roti untuk penderita kolesterol. (iStockphoto/barol16)

Roti rami disebut-sebut sebagai roti paling sehat yang dapat Anda konsumsi. Rami mengandung banyak nutrisi termasuk masam alfa-linolenat dan masam lemak omega-3.

Sebuah tinjauan menemukan, asupan masam alfa-linolenat yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satunya dengan menekan kadar kolesterol jahat.

Demikian beberapa roti untuk penderita kolesterol yang dapat dijadikan pilihan. Pilih roti yang pas agar kadar kolesterol tetap terkontrol.