Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Trending 1 week ago 6
ARTICLE AD BOX

TikTok Shop dapat jadi langkah untuk mendapat uang dan meraup keuntungan dari TikTok. Lantas apa itu TikTok Shop dan bagaimana langkah menggunakannya? Ilustrasi. TikTok Shop dapat jadi langkah untuk mendapat uang dan meraup keuntungan dari TikTok. Lantas apa itu TikTok Shop dan bagaimana langkah menggunakannya? (Foto: iStockphoto/Tevarak)

Jakarta, Instastori Indonesia --

TikTok menyediakan fitur belanja daring atau online yang memungkinkan siapa pun menghasilkan uang lewat fitur yang disediakan. Adalah TikTok Shop, fitur belanja online yang ditawarkan oleh platform TikTok.

Melalui fitur ini, siapa pun dapat melakukan penjualan dan belanja secara online. Jika Anda mau tahu apa itu TikTok Shop dan bagaimana langkah menggunakannya, simak artikel selengkapnya.

Apa itu TikTok Shop?

TikTok merupakan aplikasi berbasis media sosial yang digunakan untuk mengedit dan mengunggah video dengan waktu singkat.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, TikTok menghadirkan berbagai macam fitur menarik. Salah satu fitur unggulannya adalah fitur belanja bernama TikTok Shop.

Fitur ini diciptakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan TikTok untuk menarik minat dan memudahkan para penggunanya.

Mengutip laman resminya, TikTok Shop ialah fitur social e-commerce yang memungkinkan pengguna maupun para kreator mempromosikan dan menjual produk sekaligus melakukan aktivitas belanja.

Dengan berjualan online di TikTok Shop, Anda dapat mendapatkan uang dari TikTok dan meraup keuntungan, mengingat pengguna aplikasi ini juga tengah membeludak.

Berkat kehadiran fitur belanja di aplikasi besutan Bytedance tersebut, aplikasi TikTok makin digandrungi oleh banyak orang karena dianggap sebagai platform yang multifungsi.

Selain untuk mendapatkan macam - macam konten hiburan, pengguna jadi tak perlu beralih menggunakan aplikasi marketplace lain untuk berbelanja dan menyelesaikan transaksi.

Perlu Anda ketahui bahwa kehadiran platform asal Tiongkok ini awalnya sempat ditolak dan diblokir di Indonesia pada 2018 lampau karena dianggap mengandung konten negatif. Namun saat ini, TikTok malah menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.


Keunggulan TikTok Shop

ilustrasi aplikasi TikTok. CNNIndonesia/Adhi WicaksonoIlustrasi. Apa itu TikTok Shop, keunggulan, beserta langkah menggunakannya. (Foto: Instastori Indonesia/Adhi Wicaksono)

Layaknya marketplace lainnya, TikTok Shop juga menawarkan berbagai macam merek dan produk untuk dijual.

Namun ada yang lebih menarik di aplikasi ini, adalah terdapat banyak promo dan hadiah menarik juga dapat Anda dapatkan. Mulai dari gratis ongkir hingga potongan harga.

Selain itu, sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak, tentu saja ini akan menjadi kesempatan besar bagi Anda yang mau menjadi seller. Karena Anda akan terhubung dengan jutaan pengguna aktif yang akan menjadi sasaran pasar toko Anda.


Cara Belanja di TikTok Shop

Berbelanja di TikTok Shop cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi TikTok dan mendaftar atau membikin akun. Berikut langkahnya.

Buka aplikasi TikTok yang telah diunduh di ponsel Anda Selanjutnya, kunjungi akun toko yang Anda inginkan. Atau gunakan hashtag untuk mencarinya #tiktokshop Buka halaman profil toko dan klik "Shop" Kemudian Pilih barang yang Anda inginkan, lampau klik "Buy Now" Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi tujuan pengiriman, jumlah barang dan lainnya. Jika sudah, lakukan pembayaran dengan metode yang Anda pilih. Bisa melalui Alfamart/Indomaret, atau menggunakan ATM, dan e-wallet seperti OVO, GoPay, dan Dana.
Cara Jualan di TikTok Shop

Untuk dapat berjualan di TikTok Shop, Anda perlu mendaftar akun terlebih dahulu. Berikut langkah agar dapat berjualan di TikTok Shop.

Buka situs Seller Center TikTok Shop melalui tujuan https://seller-id.tiktok.com/account/welcome untuk daftar akun. Lalu pilih Sign Up, kalau Anda belum mempunyai akun. Jika sudah, silakan Log In dengan menggunakan nomor telepon atau tujuan email Anda. Selanjutnya isi formulir yang diminta, seperti data diri, nomor telepon dan sebagainya. Setelah itu, masukkan informasi tentang bisnis Anda. Mulai dari nama toko, alamat, keterangan produk dan lain sebagainya. Jika sudah, lanjutkan dengan melakukan registrasi dan tunggu beberapa saat hingga mendapatkan konfirmasi. Setelah menerima konfirmasi, Anda sudah dapat mulai melakukan penjualan melalui TikTok Shop Seller Center.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu TikTok Shop beserta langkah menggunakannya. Selamat mencoba!