Profil instastories

Air Limbah

Air Limbah

By : Widia Purnamasari

 

Air merupakan suatu zat yang tidak memiliki, rasa, bau, dan warna. Terdiri dari hidrogen dan oksigen yang memiliki rumus kimia O. Air merupakan zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua makhluk hidup sebagai sumber kehidupan (Kodoatie dan Sjarief, 2010). Sumber daya air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk kepentingan rumah tangga, industri, perikanan, dan pertanian. Penggunaan air bersifat universal dari setiap aspek kehidupan. Tersediaanya air yang cukup dalam hal jumah dan kualitas sangat penting bagi manusia. Air merupakam salah satu komponen yang membentuk bumi hingga 70% sedangkan sisanya adalah daratan dan udara yang mengandung zat cair atau uap air sebanyak 15% dari tekanan atmosfer (Arif Sumantri, 2010).

Pencemaran air merupakan perubahan suatu tempat penampungan air seperti sungai, danau, dan lautan akibat aktivitas manusia. Menurut undang-undang Republik Indonesia nomer 23 tahun 1997 tentang pengolahan lingkungan hidup, yang termasuk dalam pencemaran air adalah masuknya makhluk hidup, zat, atau komponen lain kedalam air. Sehingga menyebabkan turunnya kualitas air dan fungsinya (Kristianto, 1995). Pencemaran air merupakan perubahan suatu tempat penampungan air seperti sungai, danau, dan lautan akibat aktivitas manusia. Menurut undang-undang Republik Indonesia nomer 23 tahun 1997 tentang pengolahan lingkungan hidup, yang termasuk dalam pencemaran air adalah masuknya makhluk hidup, zat, atau komponen lain kedalam air. Sehingga menyebabkan turunnya kualitas air serta fungsinya dan menjadikan air limbah (Kristianto, 1995).

Air limbah adalah air yang berasal dari suatu pemukiman warga yang sudah digunakan dalam berbagai keperluan dan harus dibuang untuk menjaga kebersihan lingkungan dari segala penyakit sehingga menjadikan lingkungan bersih dan sehat (Tchobanoglous, 1991). Air limbah memiliki ciri-ciri dan dapat dikelompokkan dalam tiga bagian yaitu:

 1. Ciri-ciri fisik; Air limbah tersebut memiliki ciri-ciri kandungan fisik berupa bahan padat,            warna, bau, dan suhunya.

a.       Bahan Padat

Air yang sudah tercemar selalu mengandung padatan yang dapat dibedakan atas empat kelompok berdasarkan besar partikel dan sifat-sifatnya (Fardiaz, 1992). Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Padatan terendap (Sedimen)

2.      Padatan tersuspensi dan koloid

3.      Padatan terlarut

4.      Minyak dan lemak

 b.  Warna

Warna merupakan ciri kualitatif yang bisa digunakan untuk melihat kondisi umum pada air limbah. Penentuan warna tersebut bisa dilihat dari air buangan dan benda organis yang ada pada air limbah (Sugiharto, 1987).

c.    Bau

Pembusukan air limbah berasal dari bau air limbah. Hal tersebut disebabkan karena adanya zat organik yang terurai tidak sempurna pada air limbah (Sugiharto, 1987).

d.   Suhu

Suhu air limbah biasanya lebih tinggi daripada air bersih karena pada air limbah ada tambahan air hangat yang berasal dari perkotaan (Tchobanoglous, 1991).

   2.  Ciri-ciri kimiawi

       Air limbah dapat mengandung berbagai jenis zat kimia. Bahan organik tersebut dapat menghabiskan oksigen dan memimbulkan rasa dan bau yang tidak sedap pada persediaan air bersih (Sugiharto, 1987). Pada pengujian kimia biasanya meliputi amonia bebas, nitrogen organik, nitrit, nitrat, fosfor organik dan anorganik (Tchobanoglous, 1991).

  3.   Ciri-ciri biologis

 

       Berbagai jenis bakteri yang terdapat pada air limbah sangat berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Biasanya bakteri yang terdapat pada air limbah merupakan bantuan yang sangat penting bagi proses pembusukan bahan organik (Tchobanoglous, 1991).

Sumber daya air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk kepentingan rumah tangga, industri, perikanan, dan pertanian. Penggunaan air bersifat universal dari setiap aspek kehidupan. Tersediaanya air yang cukup dalam hal jumah dan kualitas sangat penting bagi manusia. Air merupakam salah satu komponen yang membentuk bumi hingga 70% sedangkan sisanya adalah daratan dan udara yang mengandung zat cair atau uap air sebanyak 15% dari tekanan atmosfer (Arif Sumantri, 2010). Air merupakan suatu zat yang tidak memilikirasa, bau, dan warna. Terdiri dari hidrogen dan oksigen yang memiliki rumus kimia O. Air merupakan zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua makhluk hidup sebagai sumber kehidupan (Kodoatie dan Sjarief, 2010).

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.