Profil instastories

Abu Bakar Ash-Shidiq

Kita semua pasti tahu tentang dengan lagu Aisyah istri Rasulullah, iya benar sekali lagu ini sempat trending di media sosial kerena lirik lagunya yang sanagat bagus sehingga banyak orang orang menyukainya, tentu saja dengan berbagai alasan, terutama alasan kaum muda, memang apa sih alasan mereka ? Alasan mereka suka lagu itu ya... banyak sih... selain suara yang menyanyikannya bagus ada lagi yang sedikit lucu, hah lucu yang bagai mana pal ? Mereka beranggapan kalau liriknya itu bikin baper hehe... ada ada aja deh. Oke kembali ke topik. Kita sebagai umat Muslim harus tahu juga bahwa bukan hanya Aisyah radhiallahu'anha saja yang punya kisah bersama Rasulullah. Memang siapa lagi yang punya kisah paling panjang dan lebih indah dari Aisyah ? Dia adalah sahabat Rasulullah yang selalu setia menemani beliau dari awal hingga beliau wafat, yaitu Abu Bakar Ash - Shidiq.

Abu Bakar adalah salah satu khulafa Al rasyidun( Para pengganti yang mendapat bimbingan ke jalan yang lurus) dan menjadi sahabat Rasulullah yang pertama kali masuk Islam. Abu Bakar terkenal memiliki kepribadian yang baik di antara orang-orang Quraisy lainnya. Dari kecil beliau sudah bersahabat dengan Rasulullah sebelum datang masa kenabian. Beliau juga satu-satunya laki-laki dewasa yang percaya pada kerasulan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam membenarkan segala apa yang disampaikan Rasulullah pada waktu itu. Aisyah menceritakan Abu Bakar bahwa beliau itu orang yang mempunyai Perangai yang begitu damai, bersikap lemah lembut, dan selalu tenang dalam bersikap. Beliau juga merupakan pedangang yang sukses. Abu Bakar mempunyai sifat yang mulia dan tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga tidak sulit untuk memahami dan meyakini ajaran ajaran yang disampaikan oleh Rasulullah.

Abu Bakar adalah satu-satunya Pemuda Quraisy yang setia dan tulus hatinya bersahabat dengan Rasulullah, Karena itulah Rasulullah mencurahkan segala beban persoalan yang terpendam dalam hatinya kepada Abu Bakar. Keimanan beliau sudah terlihat saat beliau masih kecil. Dalam sebuah riwayat diceritakan, ayahnya pernah membawanya pada suatu tempat sambil berkata: "Inilah tuhan-tuhanmu yang paling agung." Kemudian Abu Bakar meninggalkan ayahnya dan mendatangi kesalah satu patung yang ada di situ dan
berkata, "Aku lapar. Beri aku makanan!" Tapi patung itu hanya diam saja. Kemudian Abu Bakar berkata kembali, "Aku telanjang. Berilah aku pakaian!" Patung-patung itu tidak ada yang menjawab , kemudian Abu Bakar melemparinya dengan sebongkah batu sengga sebuah patung terjatuh ke tanah. Nah... sejak itulah Abu Bakar tidak mau menyembah yang tuli dan lemah yang dapat di robohkan oleh seorang anak kecil. Masya Allah... kita liat keimanan beliau sudah tumbuh saat beliau kecil.

Sikap pemberani juga melekat pada diri Abu Bakar. Nyali Abu Bakar tidak hanya menggetarkan dan menciutkan hati para kaum kafir Quraisy, namun juga dikagumi oleh para sahabat-sahabat yang lain. Setiap Abu Bakar melihat Rasulullah diganggu oleh kaum kafir Quraisy,beliau selalu siap membela dan mempertahankan nyawanya untuk melindungi Rasulullah.

Abu Bakar mempunyai gelar yaitu Ash-Shiddq. Gelar Ash-Shiddiq bagi Abu Bakar sangat erat hubungannya dengan peristiwa Isra Mi'raj. Shiddiq mampunyai arti benar, nyata, berkata benar. Pembenaran terhadap apa yang disampaikan Allah dan Rasul-Nya yang berangkat dari sebuah rasa dan naluri keimanan yang mendalam, khususnya bagi Abu Bakar. Setelah melakukan Isra Mi'raj Rasulullah mulai berbicara kepada penduduk Mekah. Akan tetapi kebanyakan kaum Quraisy memperolok apa yang disampaikan Rasulullah. Ada juga sebagian yang sudah Islam kembali menjadi ragu akan Islam. Tapi setelah Rasulullah SAW berbicara menceritakan semua tentang kejadian saat itu, Abu Bakar memandangnya Seraya berkata, " Aku bersaksi bahwa Engkau adalah utusan Allah Iya yang jujur dan yang benar." Dan Rasulullah membalas dengan perkataan yang sangat indah, " dan aku aku bersaksi bahwa Engkau adalah Ash-Siddiq ( orang yang benar-benar percaya ).


Abu Bakar adalah sahabat yang paling terbaik bagi Rasulullah sehingga beberapa kali Allah sebutkan Abu Bakar di dalam Al-Qur'an. Salah satunya di sebutkan di dalam surah at-Taubah ayat 40.
"Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita. Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 40)

Meskipun tidak disebutkan namanya secara langsung, tetapi kita pasti bisa tahu kalau yang di maksud di dalam ayat itu adalah Abu Bakar. Dari Abu Bakar Ash-Shidiq, kita bisa belajar banyak hal. Bagai mana cara berperilaku beliau, kelembutan beliau, cara beliau memimpin, dan masih banyak lagi yang bisa kita pelajari dari beliau. Kerena Abu Bakar adalah sahabat terdekat Rasulullah. Semoga kita bisa diberikan kemudahan untuk menjadi orang yang lebih baik, dan menjadi seperti Beliau.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 8, 2020, 1:15 PM - Annisa mahmudah
Jul 6, 2020, 10:20 PM - Chocho_Yucho
Jul 3, 2020, 6:34 PM - Tjahjono widarmanto
Jul 3, 2020, 6:26 PM - Nnaga
Jul 3, 2020, 1:07 PM - Kristina Dai Laba
Jul 2, 2020, 2:25 PM - Mei Elisabet Sibarani