9 Profesi yang Rentan Komplikasi bila Dijalani saat Hamil, Termasuk Pramugari dan Guru

Trending 5 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Bekerja saat hamil memang tak dilarang. Tapi, ada beberapa profesi yang dapat rentan menyebabkan komplikasi pada kehamilan, Bunda.

Bunda perlu mempertimbangkan bila bekerja di lingkungan yang berisiko tinggi untuk kehamilan. Jangan tiba kondisi janin terpengaruh dengan beban kerja dan lingkungan yang tak sehat.

"Untuk kehamilan berisiko tinggi atau komplikasi seperti persalinan prematur, Anda mungkin harus berhenti bekerja lebih awal. Bahkan pada kehamilan yang sehat sekalipun, bekerja dapat menyebabkan kelelahan fisik. Jadi, krusial untuk memperhatikan emosi seiring berjalannya waktu," kata Profesor dan Konsultan Laktasi, Robin Elise Weiss, PhD, MPH, dilansir Very Well Family.


Sebelum bekerja, bunda hamil atau bumil sebaiknya konsultasi dulu ke dokter. Jelaskan ke dokter tentang lingkungan serta beban kerja yang akan Bunda jalani karena tuntutan profesi.

"Jika dokter merekomendasikan istirahat di tempat tidur (bed rest), Anda tak diizinkan untuk duduk di kursi lebih dari satu jam setiap kali bekerja," ujar Weiss.

Setiap profesi mempunyai beban kerja berbeda

Secara umum, seluruh pekerjaan sebenarnya membutuhkan beban fisik, emosional, bahkan mental yang berbeda. Bunda mungkin perlu mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum kembali bekerja saat hamil.

Setiap pekerjaan juga berbeda. Artinya, tak seluruh profesi kondusif untuk Bunda hamil bekerja. Misalnya, jenis pekerjaan yang membikin Bunda harus berdiri selama berjam-jam atau melakukan pekerjaan berat.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), apa yang Bunda anggap aman, belum tentu kondusif untuk janin. Apalagi, batas waktu dan beban kerja pada umumnya dibuat berdasarkan pekerja dewasa yang tak hamil.

Sebelum mulai bekerja, bumil sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal agar tak menyebabkan komplikasi pada janin. Apa saja yang harus dipertimbangkan? Lalu apa saja profesi yang rentan menyebabkan komplikasi kehamilan?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 langkah mencegah keguguran, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right