9 Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki Sebelum Masuk SD, Perhatikan Bun

Trending 3 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan formal awal yang harus dilewati oleh anak. Sebelum memasukkan anak ke SD, Bunda perlu tahu syarat usianya terlebih dahulu.

Dalam Permendikbud Nomor 51/2018 pasal 7 disebutkan bahwa calon peserta didik baru kelas 1 SD ialah berusia 7 tahun. Anak juga boleh masuk SD paling rendah 6 tahun, tapi pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

Usia boleh masuk SD bergantung pada kesiapan tiap perseorangan lho. Ada anak yang sudah matang di usia 5 tahun, tapi yang lain baru di usia 6 atau 7 tahun.


Selain usia, ada pula beberapa keterampilan yang perlu dikuasai oleh anak sebelum masuk SD. Keterampilan-keterampilan ini dapat membantunya menghadapi sekolah.

Keterampilan anak sebelum masuk SD

Setidaknya ada sembilan keterampilan dan kemampuan yang perlu dimiliki Si Kecil untuk masuk SD. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini deretannya:

1. Keterampilan motorik halus

Keterampilan motorik halus melibatkan ketangkasan manual dan seringkali membutuhkan koordinasi gerakan tangan dari jari dan mata, Bunda.

Komponen keterampilan motorik halus termasuk kemampuan menggenggam dan memanipulasi objek menggunakan kedua tangan untuk satu tugas, hingga bunda jari dan satu jari untuk mengambil sesuatu dari seluruh tangan.

Sebelum masuk SD, anak-anak berusia 6 tahun harus mempunyai keterampilan ini. Melansir dari laman Verywell Family, berikutt ini contohnya:

Membangun struktur mini dengan balok. Menyatukan 16 hingga 20 potongan puzzle. Memotong dengan bagus menggunakan gunting. Menggunakan pisau untuk memotong makanan. Memegang pensil dengan baik. 2. Kemampuan motorik kasar

Kemampuan motorik kasar ialah gerakan-gerakan yang berhubungan dengan otot-otot besar seperti kaki, lengan, dan badan. Melihat dari laman Kid Sense, berikut ini kemampuan motorik kasar yang perlu dikuasai anak sebelum masuk SD:

Berlari di sekeliling rintangan sembari menjaga keseimbangan. Berdiri dengan satu kaki setidaknya selama 10 detik. Berjalan di atas balok keseimbangan. Menggunakan tali skipping. Melompat dengan satu kaki. Melompat ke depan dengan kedua kaki rapat. Mengendarai sepeda. Menangkap bola mini dengan menggunakan tangan. 3. Kemampuan emosional

Sebelum memasuki sekolah dasar, Si Kecil perlu mengatur kemampuan emosionalnya. Menurut laman CDC, ada beberapa kemampuan yang perlu dikuasi mereka. Berikut deretannya:

Menunjukkan kemandirian di depan orang uzur dan keluarga. Mulai berpikir ke depan. Memahami lebih banyak tempat di dunia. Lebih memperhatikan persahabatan dan kerja tim. Ingin disukai dan diterima oleh teman-teman. 4. Kemampuan berpikir

Anak-anak berusia 6 tiba 7 tahun yang sedang mempersiapkan jenjang sekolah dasar biasanya menunjukkan perubahan dan kemampuan berpikirnya. Misalnya sebagai berikut:

Memiliki perkembangan keterampilan mental yang cepat. Mempelajari langkah yang pas untuk menceritakan pengalaman. Membicarakan apa yang mereka pikirkan. Lebih konsentrasi pada diri sendiri. Memperhatikan orang lain. Dapat mengelompokkan objek menurut ukuran, bentuk, dan warna. Memiliki pemahaman tentang nomor dan dapat mengerjakan soal matematika sederhana.

Klik baca halaman berikutnya untuk memandang keterampilan lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan lagi video langkah meningkatkan daya ingat Si Kecil untuk bantu proses belajar berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]