7 Tips Atasi Perasaan Tertekan saat Jalani Program Hamil, Coba Kurangi Lihat Medsos

Trending 3 days ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Buat Bunda yang tengah menjalani program hamil, emosi cemas atau tertekan ialah hal yang wajar. Setiap selesai berhubungan intim dengan suami, biasanya Bunda tentu akan langsung terbersit pertanyaan, apakah upaya kali ini sukses menciptakan kehamilan?

Padahal merasa tertekan tentu tak bagus untuk Bunda yang menjalani program hamil karena dapat menghambat kualitas pembuahan ya. Apalagi diperlukan suasana hati dan kondisi fisik yang prima untuk berhubungan intim agar dapat tercipta kehamilan sehat.     

Dr. Lakeisha Richardson, seorang OB-GYN bersertifikat yang berbasis di Mississippi mengatakan, saat melakukan program hamil, Bunda mungkin pernah merasa cemas, misalnya tentang kualitas hubungan intim. “Kecemasan kualitas hubungan intim sebenarnya cukup normal bagi pasangan yang mencoba untuk hamil,” kata 


Mengatasi emosi tertekan saat berjuang hamil

Melansir laman Romper.com, emosi tertekan itu cenderung meningkat kalau pasangan sudah mencoba tapi belum juga sukses dan memutuskan pilihan untuk mempunyai bayi tidaklah mudah bagi beberapa orang karena niscaya akan terjadi perubahan dalam kehidupan, Bunda.

"Perubahan dapat sangat besar dan ketika stres meningkat, begitu juga kecemasan," kata Sarah Watson, seorang konselor profesional berlisensi (LPC), terapis seks bersertifikat (CST), dan pendidik seksualitas.

Beberapa Bunda yang sedang mencoba untuk hamil mungkin merasa stres. Ini dapat dipicu dengan beberapa postingan di media sosial ketika teman-teman Bunda yang berusia subur mungkin mem-posting foto kehamilan atau bayinya.

Karena seluruh itu, dapat saja membikin Bunda malah semakin tertekan dan berujung pada stres. Nah, agar Bunda dapat lebih tenang dan tetap rileks selama mencoba upaya untuk hamil, berikut beberapa tips terhindar dari stres saat menjalani program hamil seperti dikutip dari laman Medical News Today:

1. Terima saja bila Bunda merasa tertekan

Ketika Bunda mencoba untuk secara agresif menyingkirkan kecemasan, itu cenderung akan membikin Bunda merasa tertekan. Inilah sebabnya kenapa menerima bahwa Bunda merasa tertekan akan membikin emosi Bunda lebih tenang.

Dari perspektif evolusioner, rasa cemas bermanfaat ialah untuk membikin kita waspada terhadap bahaya. Ini ialah sistem hypervigilance. Jika kita dapat dengan mudah mematikan kecemasan atau mengalihkan perhatian kita dengan pikiran positif, kecemasan tak akan berguna.

Kecemasan dapat mengingatkan bahwa Bunda sedang melakukan sesuatu yang krusial bagi diri sendiri.

2. Batasi paparan media sosial

Pertimbangkan untuk membatasi seberapa banyak Bunda membaca situs internet dan forum tentang kehamilan. Dengan segala bentuk kecemasan, orang cenderung melakukan pemeriksaan kompulsif untuk mencari jaminan.

Mencari banyak informasi tentang kehamilan di internet dapat menjadi semacam perilaku kompulsif. Terkadang, Bunda akan menemukan informasi yang bermanfaat. Di lain waktu, itu akan membikin Bunda lebih khawatir atau bingung. Jika membaca informasi secara online terasa sedikit kompulsif, itu mungkin membikin diri lebih cemas secara keseluruhan.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu 5 tips menghilangkan kecemasan saat mencoba hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda Bunda masuki masa subur, salah satunya muncul mual.

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan

Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right