7 Tips Ajari Si Kecil Menabung, Belikan Celengan hingga Sisihkan Uang Saku

Trending 3 months ago 18
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Menabung menjadi salah satu kebiasaan baik yang dapat diajarkan pada anak sejak usia dini, Bunda. Kebiasaan menabung dapat menjadi investasi bagi Si Kecil di kemudian hari.

Tak hanya itu, rupanya Si Kecil dapat menularkan kebiasaan menabung dengan teman-teman sebayanya, lho. Hal ini diungkapkan langsung oleh Division Heal Corporate Affairs PermataBank, Richele Maramis.

"Memberikan anak-anak pengertian dapat membikin mereka menumbuhkan rasa cinta menabung. Mereka mempunyai bunyi untuk memberikan dampak positif selama menabung. Ini menjadi peran krusial agar semangat ini menular di komunitas mereka, tetangga, dan keluarga," katanya dalam acara Graduation PermataBankir Cilik, Selasa (4/10/2022).


Mengajari anak tentang kepuasan yang tertunda dalam hal uang dapat membantu Si Kecil menjaga diri dari dari pengeluaran yang tak perlu, Bunda. Selain itu, Si Kecil juga akan belajar mengenai kendali atas uang jajan mereka.

Tips ajarkan anak menabung

Ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan agar Si Kecil getol menabung nih, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya dari laman Investopedia.

1. Diskusikan keinginan dan kebutuhan

Langkah pertama yang perlu Bunda lakukan untuk mengajari Si Kecil nilai menabung ialah membantu mereka membedakan mana yang merupakan keinginan dan mana yang merupakan kebutuhan, Bunda. Jelaskan juga bahwa kebutuhan mencakup hal-hal dasar seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, dan pendidikan.

Sementara itu, seluruh keinginan ialah hal ekstra yang meliputi berbagai macam hal. Mulai dari tiket film, permen, sepatu, sepeda, handphone baru, dan sebagainya.

2. Biarkan anak menghasilkan uang sendiri

Menurut data, dua pertiga orang uzur mengatakan bahwa mereka memberikan uang saku anak-anak mereka. Pada tahun 2019, survei yang diterbitkan oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), anak-anak mendapatkan rata-rata Rp457 ribu per minggu.

Kalau Bunda mau Si Kecil pandai menabung, biarkan mereka menghasilkan uangnya sendiri. Bunda dapat tawarkan uang saku sebagai ganti tugas mereka. Hal ini membikin Si Kecil mengerti akan kerja keras sebelum mendapatkan uang.

3. Jelaskan tujuan menabung

Meminta anak menabung tanpa menjelaskan alasannya tentu akan sia-sia, Bunda. Membantu anak menentukan tujuan menabung dapat membuatnya termotivasi .

Kalau anak tahu apa yang mereka inginkan dari menabung, bantu mereka mengelola keuangan. Misalnya mereka mau membeli sebuah jaket seharga Rp100 ribu dan mereka mendapatkan uang saku Rp50 ribu seminggu. Bantulah mereka untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Klik baca halaman berikutnya untuk memandang tips lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video langkah lakukan celengan pesawat dari botol bekas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]