7 Penyebab Kepala Anak Panas Tapi Kaki dan Tangan Dingin, Ini Cara Mengatasinya

Trending 4 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Anak-anak, terutama di usia bayi, sangat rentan mengalami infeksi. Jika ini terjadi, suhu tubuhnya mungkin akan naik. Tapi bagaimana kalau hanya kepala anak yang panas, tapi kaki dan tangannya dingin?

Sebelumnya perlu dipahami terlebih dahulu tentang rentang suhu normal tubuh bayi, adalah antara 36,5 hingga 37,5 derajat Celcius. Jika lebih dari itu, bayi mungkin memerlukan pemeriksaan dari dokter.

Namun, suhu tubuh yang naik belum tentu dikategorikan demam. Bisa saja hanya kepala bayi yang panas, Bunda.


Salah satu pemicunya kemungkinan karena suhu tubuh bayi biasanya berfluktuasi pada waktu sore atau malam hari. Hal ini menyebabkan kepala bayi teraba lebih panas, padahal sebenarnya dia tak demam atau sakit.

Penyebab kepala anak panas

Kepala anak yang teraba panas sebenarnya cukup sering terjadi. Berikut beberapa kemungkinan unsur penyebabnya:

1. Sedang mengenakan pakaian yang terlalu tebal

Dikutip dari Parenting First Cry, pemakaian pakaian yang terlalu tebal dapat menjadi unsur penyebab kepala anak panas tapi kaki dan tangannya tetap dingin. 

Pakaian yang terlalu tebal dapat memerangkap panas dan membikin suhu tubuh bayi jadi teraba lebih hangat. Seringkali tak seluruh tubuhnya jadi naik, sehingga hanya kepalanya saja yang teraba panas.

Jika ini terjadi, ganti pakaian bayi dengan yang lebih lembut dan tipis. Hindari penggunaan pakaian yang berbahan terlalu tebal, seperti wol.

2. Terlalu aktif dan bersemangat

Wajar kalau bayi senang bereksplorasi, aktif dan semangat, tetapi kondisi ini seringkali dapat menjadi penyebab kepalanya jadi teraba panas. 

Alasannya, banyak pergerakan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kepala dan meningkatkan suhu tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengatasinya, tenangkan bayi dengan menciptakan suasana sekeliling lebih rileks. Jika perlu, Bunda dapat menggendong, mengayun tubuhnya dan menepuk-nepuk punggungnya agar ia merasa nyaman.

3. Tumbuh gigi

Saat sedang tumbuh gigi, ada kemungkinan kepala anak akan teraba lebih panas daripada biasanya. Ini merupakan respons tubuh yang normal dan tak ada yang perlu dikhawatirkan kok, Bunda.

Meski demikian, tetap upayakan untuk membikin si Kecil merasa nyaman selama proses tumbuh gigi. Misalnya dengan membikin suasana rumah tak terlalu ramai dan berisik, memastikan suhu kamar sejuk dan berikan teether kalau anak terlihat kesakitan.

Simak lanjutan informasi di halaman berikut ini, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video faedah bayi tidur tak pakai bantal berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak

Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right