7 Pantangan Makanan untuk Wajah Berjerawat Agar Tidak Makin Parah

Trending 5 days ago 6
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Meski hubungan antara makanan dan jerawat tetap menjadi kontroversi dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Ada beberapa pantangan makanan untuk paras berjerawat yang perlu Bunda hindari

Kondisi kulit yang diakibatkan oleh folikel rambut yang tersumbat, jerawat dapat menimbulkan gejala seperti jerawat, komedo putih, dan komedo hitam, yang terkadang terasa menyakitkan.

Banyak persepsi umum bahwa makanan berminyak dan punya karbohidrat yang tinggi dapat menyebabkan jerawat, terutama pada remaja. Meski belum diketahui secara niscaya apakah makanan dapat menyebabkan jerawat, ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat paras sedang berjerawat.


7 Pantangan makanan untuk paras berjerawat

Beberapa makanan diketahui dapat memperburuk kondisi jerawat pada paras Bunda. Oleh karenanya, Bunda perlu menghindari itu.

1. Biji-bijian dan gula halus

Orang dengan jerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tak mempunyai jerawat.

Melansir dari laman Healthline, satu studi menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan mempunyai risiko 30 persen lebih besar terkena jerawat, sedangkan mereka yang rutin makan kue mempunyai risiko 20 persen lebih besar.

Peningkatan risiko ini dijelaskan oleh dampak karbohidrat olahan terhadap kadar gula darah dan insulin.

2. Produk susu

Banyak penelitian menemukan bahwa hubungan antara produk susu dan tingkat keparahan jerawat pada remaja. Dua penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang rutin mengonsumsi susu dan es krim empat kali lebih mungkin menderita jerawat.

Susu diketahui meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

3. Makanan sigap saji

Jerawat sangat berkaitan dengan pola makan gaya Barat yang kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat olahan.

Makanan sigap saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, merupakan makanan utama khas Barat yang dapat meningkatkan risiko jerawat.

Satu studi terhadap lebih dari 5.000 remaja dan orang dewasa muda di China menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan 43 persen peningkatan risiko terkena jerawat. Makan makanan sigap saji secara teratur dapat meningkatkan risiko sebesar 17 persen.

4. Makanan kaya lemak Omega-6

Pola makan yang mengandung masam lemak omega-6 dalam jumlah besar, seperti pola makan khas Barat, telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat.

Ini mungkin karena makanan Barat mengandung banyak minyak jagung dan kedelai, yang kaya akan lemak omega-6 dan sedikit makanan yang mengandung lemak omega-3, seperti ikan dan kenari.

Ketidakseimbangan masam lemak omega-6 dan omega-3 ini mendorong tubuh ke dalam keadaan inflamasi, yang dapat memperburuk jerawat.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui pantangan makanan lainnya saat paras berjerawat, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 karakteristik kulit berjerawat karena tak cocok skincare yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]