7 Obat Sakit Gigi untuk Anak dari Bahan Alami, Selalu Siap Sedia di Rumah Bun

Trending 2 months ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Sakit gigi menjadi salah satu keluhan nyeri yang dapat mengganggu kenyamanan anak. Kondisi ini dapat terjadi di sekeliling area gigi, gusi atau bahkan rahang. Apa saja pilihan obat sakit gigi untuk anak?

Sebelum itu, pahami dulu bahwa krusial untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit gigi. Dari situ Bunda dapat menentukan langkah terbaik meredakan nyeri, bengkak, atau gejala sakit gigi lainnya.

Pada umumnya berkumur dengan air garam dan kompres dingin dapat meredakan iritasi ringan. Namun, sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter gigi.


Jika keluhan memperkuat lebih dari 1-2 hari, ada baiknya Bunda mengajak Si Kecil berkonsultasi ke dokter gigi. 

Pilihan obat sakit gigi untuk anak dari bahan alami

Ada beberapa pilihan obat sakit gigi untuk anak dari bahan alami, berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kumur air garam

Dikutip dari Healthline, kumur air garam dapat menjadi salah satu pilihan obat sakit gigi untuk anak yang alami. Beberapa penelitian menyebut bahwa kumur air garam efektif mengatasi gejala sakit gigi yang ringan.

Selain itu, garam juga terbukti secara ilmiah dapat mengurangi infeksi akibat bakteri di mulut dan tenggorokan.

Apabila sakit gigi disebabkan oleh ada residu partikel makanan atau kotoran yang tersangkut di sela gigi, berkumur air garam dapat menjadi disinfektan alami.

2. Kompres dingin

Untuk membantu menghilangkan sakit gigi pada anak secara alami, Bunda juga dapat memberikan kompres dingin. Cara kerjanya merupakan dengan membikin pembuluh darah di sekeliling gigi yang sakit mengecil.

Efek ini membikin rasa sakit jadi berkurang dan tak semakin parah. Paparan suhu dingin juga dapat mengurangi bengkak dan peradangan.

3. Oleskan minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu jenis minyak esensial antimikroba dan antijamur. Ini dikenal bermanfaat sebagai obat obat sakit gigi untuk anak yang alami.

Cara menerapkannya, oleskan minyak cengkeh dengan lembut ke area sekeliling gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Namun, sebaiknya Bunda konsultasikan dulu pada dokter gigi ya, Bunda.

Simak ulasan lebih lanjut di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut Si Kecil:

[Gambas:Video Haibunda]