7 Fakta Michelle Yeoh, Aktris Malaysia yang Jadi Aktris Asia Pertama Raih Nominasi Best Actress Oscar

Trending 3 days ago 6
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Tan Sri Dato' Seri Michelle Yeoh Choo-Kheng atau yang akrab dikenal sebagai Michelle Yeoh merupakan salah satu aktris Hollywood terkenal, Bunda. Terbaru, wanita kelahiran 60 tahun silam ini berperan sebagai Evelyn Wang dalam film Everything Everywhere All at Once.

Michelle sukses mengukir sejarah, nih. Belum lama ini, mendapatkan nominasi Piala Oscar pertamanya untuk kategori Best Actress berkat perannya di film tersebut. Yang lebih membanggakan, ia menjadi aktris Asia pertama yang mendapatkan nominasi tersebut sepanjang sejarah Academy Awards, lho.

Mengutip dari People, Michelle Yeoh mengatakan bahwa prestasi tersebut amat mungkin untuk digapai oleh aktris Asia. Ia bahkan memberikan memotivasi, katanya orang lain juga dapat meraih hal tersebut.


"Saya rasa, apa makna (nominasi) itu kepada saya ialah seluruh orang Asia di luar sana berkata, 'Lihat 'kan, itu mungkin terjadi. Jika dia dapat melakukannya, saya juga bisa'," kata Michelle Yeoh usai pengumuman nominasi Oscar 2023 kepada Deadline.

"Itu hal yang paling penting."

Ia juga merendah dan mengatakan bahwa sebetulnya ia merupakan aktris yang biasa saja. Hanya saja, ia mengaku bekerja keras sehingga sukses untuk mendapatkan kesempatan tersebut.

"Saya biasa saja. Hanya saja saya bekerja sangat keras. Ada banyak aktris dan aktor di luar sana yang mengetahui bahwa mereka mempunyai kesempatannya. Yang harus mereka lakukan ialah mencari kesempatan dan meraihnya," lanjutnya.

Bunda penasaran seperti apa sosok Michelle Yeoh? Simak fakta-fakta yang Bubunda rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut, ya:

1. Penari balet

Michelle Yeoh mempunyai talenta selain berakting, Bunda. Mengutip South China Morning Post, ternyata ia juga pakar bela diri kungfu, lho.

Bakat bela diri tersebut juga terbukti dari aktivitas yang ditunjukkannya saat berlaga di beberapa film. Tapi satu hal yang perlu Bunda ketahui, rupanya cinta pertama Michelle sebelum mengenal kungfu dan akting ialah balet.

Melansir Edition, angan masa kecilnya untuk menjadi balerina profesional pupus ketika dia mengalami cedera saat berlatih di Royal Academy of Dance di London. Ia bahkan berencana  memulai karier sebagai koreografer tari setelah menyelesaikan gelar tari di Inggris.

2. Warga negara Malaysia

Michelle Yeoh lahir di Ipoh, bunda kota negara bagian Malaysia pada 6 Agustus 1962. Diketahui, ia juga menjadi penduduk negara di sana, Bunda.

Hanya saja, dahulu sempat timbul kesalahpahaman soal negara asal sang bintang. Ini bermula ketika Kevin Yeung selaku Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Hong Kong mengklaim Michelle Yeoh sebagai aktris dari negaranya.

Hal ini juga membikin banyak orang bertanya-tanya hingga muncul perdebatan. Namun beberapa waktu setelahnya, Michelle Yeoh secara langsung memberikan penjelasan dengan langkah spesifik melalui media sosial Instagramnya.

"Thkq thkq atas curahan cinta dan ucapan selamat dari teman-teman keluarga di seluruh dunia... Raja dan Ratu saya dan PM dan para pemimpin Malaysia, keluarga besar saya di HK di China... rasa terima kasih saya yang terdalam...," tulisnya melalui akun @michelleyeoh_official.

Penjelasan singkat dari Michelle Yeoh ini secara tak langsung menunjukkan bahwa meskipun ia lahir dan berkebangsaan Malaysia, perjalanannya sebagai seorang aktor dimulai dari Hong Kong.

3. Miss Malaysia

Impian masa kecil Michelle Yeoh menjadi balerina profesional pupus ketika dia mengalami cedera saat berlatih di Royal Academy of Dance di London. Namun, ia lanjut belajar untuk menyelesaikan gelar di bidang tari dan drama.

Sejak muda, Michelle Yeoh juga aktif dengan macam - macam aktivitas berprestasi lain. Ini termasuk menjadi Miss Malaysia pada usia 21 tahun. Untuk yang satu itu, ia berperan sebagai duta besar untuk industri pariwisata negara, lho.

Simak fakta lainnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak  juga rekomendasi film dan serial TV yang diperankan Kate Winslet dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]