5 Posisi Tidur Ini Ampuh Kurangi Mual saat Hamil Muda, Coba yuk Bun

Trending 3 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Tidur merupakan istirahat tubuh yang murah meriah tanpa biaya dan dapat dilakukan di mana saja, Bunda. Tidak percaya? Sering kita jumpai orang tidur tanpa sengaja di tengah aktivitasnya, atau bahkan tidur di tempat-tempat yang tak biasa Bunda. Di kendaraan umum misalnya. 

Saat hamil, tubuh Bunda mudah capek dan mungkin karena lelahnya jadi gampang tertidur. Namun bagaimana kalau kehamilan menyebabkan Bunda susah tidur? 

Kurang tidur dalam jangka waktu tertentu dapat jadi berat, Bunda. Baik secara fisik maupun mental. Untuk itu, Bunda perlu tahu ya bagaimana posisi tidur untuk mengurangi mual muntah. Yuk simak terus.


Posisi tidur untuk kurangi mual saat hamil muda

Mengutip dari Healthhub, tidur krusial selama kehamilan tetapi terkadang benjolan yang tumbuh membikin Bunda susah untuk merasa nyaman. Ditambah mual muntah yang menyertai kehamilan membikin banyak calon bunda merasa susah untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. 

Untuk itu, melansir dari Medicalnewstoday, berikut ialah penjelasan posisi tidur Bunda hamil pada tiap trimester :

1. Trimester 1

Pada trimester pertama, kondusif bagi seorang wanita untuk tidur dalam posisi apa pun yang dirasa nyaman. Baik telentang, miring, atau tengkurap. Kombinasi apapun dari posisi di atas juga baik-baik saja.

Rahim belum tumbuh cukup besar untuk mengganggu tidur. Namun, perubahan hormon, rasa lapar di malam hari, mual, dan gejala kehamilan lainnya dapat membikin tidur menjadi lebih sulit.

Gangguan paling umum pada trimester pertama ialah mual muntah, Bunda. Namun karena posisi janin dan bentuk perut Bunda tetap cukup leluasa berposisi apa saja, maka kenyamanan Bunda ialah hal utama. Oleh karenanya, tak ada saran posisi spesifik selain apapun itu yang membikin Bunda nyaman dan terselamatkan dari mual ya. 

2. Trimester 2 dan 3

Sementara pada trimester kedua dan ketiga, sangat ideal untuk tidur miring ke kiri, Bunda. Berada dalam posisi ini memaksimalkan aliran darah ke rahim tanpa menekan organ hati.

Ibu yang mengalami nyeri pinggul atau punggung selama kehamilan mungkin dapat mencoba meletakkan satu atau dua bantal di antara dengkul atau menekuk dengkul saat tidur dapat membantu meredakannya.

Jika Bunda belum terbiasa dengan posisi tidur ini, sesekali Bunda dapat mengubah posisi miring ke kanan ya. Walau mungkin kurang nyaman karena harus berganti ganti posisi, namun Bunda akan disarankan dapat membiasakan diri agar dapat tidur nyenyak kembali seperti asa Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 penyebab kesemutan pada bunda hamil.

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right