5 Penyebab Banyak Kecoak Mampir ke Rumah, Hati-hati Lemari Buku

Trending 1 week ago 5
ARTICLE AD BOX

Kemunculan kecoak di rumah dapat jadi mimpi jelek bagi sebagian besar orang. Ada beberapa penyebab banyak kecoak datang ke rumah yang dapat Anda hindari. Ilustrasi. Ada beberapa penyebab banyak kecoak datang ke rumah yang dapat Anda hindari. (iStockphoto/MediaProduction)

Jakarta, Instastori Indonesia --

Kemunculan kecoak di rumah dapat jadi mimpi jelek untuk sebagian besar orang.

Bayangkan saja, Anda sedang bersantai di rumah, tiba-tiba ada kecoak merangkak di sekeliling Anda. Beberapa orang mungkin nyaris akan menjerit atau bahkan berlari ketakutan.

Lantas, apa yang membikin banyak kecoak datang ke rumah?

Kecoak ialah serangga yang tergolong dalam kelas hama dan umumnya ditemukan di seluruh dunia.

Mengutip National Pesticide Information Center, kecoak ialah serangga yang sangat banyak akal. Mereka dapat hidup, makan, dan berkembang biak di rumah tanpa Anda sadari.

Meski biasanya tak menggigit atau menyerang langsung manusia, kecoak tetap dapat menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa orang dapat mengalami gejala alergi dan asma karena menghirup kulit dan kotoran kecoak.

Kondisi rumah yang kotor bukan satu-satunya penyebab kecoak datang ke rumah. Ada beberapa unsur yang membikin mereka berkembang biak di rumah. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Banyak kebocoran di rumah

Ilustrasi PerumahanIlustrasi. Banyak kebocoran, salah satu penyebab banyak kecoak di rumah. (Unsplash/Pixabay)

Wastafel dan peralatan rumah yang rembes menciptakan kondisi di mana kecoak senang berkembang biak.

Mengutip berbagai sumber, kebocoran menawarkan sumber air serta ruang hangat dan terlindung. Kondisi seperti itu menjadi tempat ideal bagi kecoak bersarang.

2. Sumber makanan

Anda mungkin merasa meja makan selalu dibersihkan, bekas makanan residu selalu Anda buang, tapi rupanya kecoak tetap dapat datang. Percayalah, binatang hama yang satu ini tetap dapat menemukan sumber makanan.

Kecoak dapat menemukan sumber makanan. Kecoak akan menyantap nyaris seluruh hal, mulai dari kardus, makanan hewan, bahkan rambut.

3. Terdapat lubang masuk kecoak

Kecoak dapat masuk melalui celah-celah pintu atau jendela. Segel jendela yang longgar, celah di bawah pintu, atau lubang apa pun menjadi jalan bagi kecoak untuk masuk ke dalam rumah.

4. Banyak lemari buku

Ketika kecoak menemukan tempat yang tepat, mereka berkembang biak dengan cepat.

Mengutip Cockroach Fact, kecoak menyukai lemari yang penuh dengan foto dan buku. Area ini ideal sebagai tempat kecoak dapat menyembunyikan kantung telur mereka tanpa gangguan.

5. Membiarkan tempat sampah penuh

Kecoak senang berada di tempat yang kotor. Salah satunya ialah tempat sampah yang penuh. Makin parah kalau tempat sampah itu dipenuhi oleh residu makanan. Kecoak akan semakin senang berada di dalamnya.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]