5 Gaya Hidup yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental, Bunda Perlu Tahu

Trending 3 months ago 15
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Sangat krusial bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan mentalnya masing-masing. Namun, tak hanya menjaga kesehatan diri sendiri, Bunda juga perlu peduli dengan kesehatan mental orang lain dan turut membantu mereka yang mempunyai masalah dengan kesehatan mentalnya.

Indonesia mempunyai masalah kesehatan mental yang cukup tinggi. Berdasarkan penelitian terbaru, telah ditemukan bahwa tingkat bunuh diri di Indonesia yang sebenarnya mungkin setidaknya 4 kali lipat dari nomor yang dilaporkan. Sementara itu, jumlah percobaan bunuh diri setidaknya 7 kali lipat dari jumlah tersebut.

Namun, kemajuan untuk penanganan kesehatan mental tetap terbilang sangat lambat. Oleh karena itu, Bunda perlu mengatasi dan menjaga kesehatan mental diri sendiri dengan menjalani perubahan gaya hidup berikut ini.


5 Perubahan gaya hidup untuk menjaga kesehatan mental

Sampai saat ini, tetap banyak orang yang mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan mental diri sendiri dan orang di sekitarnya. Banyak sekali unsur eksternal yang memengaruhi kesehatan mental seseorang, misalnya orang-orang di sekitarnya yang cenderung tak peduli satu sama lain.

Kesehatan mental dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari, hubungan, dan kesehatan fisik seseorang. Dengan menjaga kesehatan mental, Bunda dapat menjaga keseimbangan aktivitas dan mempertahankan ketahanan psikologis.

Lalu, bagaimana langkah yang pas untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri dan juga orang lain di sekeliling Bunda? Yuk, simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Memiliki tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu langkah yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Ahli kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri, Dr. Sandersan Onie (Sandy) menyampaikan setiap orang membutuhkan tidur yang cukup setidaknya 7 jam dam sehari.

“Tidur itu sangat penting, kalau kurang tidur, setiap orang akan lebih emosional. Ini dapat membikin kesehatan mentalnya terganggu,” jelas Dr. Sandersan Onie dalam acara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022, Deklarasi Relio-Mental Health, Senin (10/10/2022).

Dr. Sandy juga menyarankan untuk segera istirahat bila sudah merasa capek ketika menjalani suatu aktivitas.

2. Meditasi atau yoga

Selain itu, Bunda juga dapat melakukan meditasi atau yoga. Ia mengatakan bahwa latihan ini dapat membantu Bunda tetap tenang dan mengurangi rasa stres yang berlebihan.

“Meditasi atau yoga juga merupakan salah satu langkah efektif untuk menjaga kesehatan mental, seperti olahraga ringan lainnya yang disukai,” kata Dr. Sandy.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui gaya hidup lainnya yang dapat menjaga kesehatan mental, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video kesehatan mental anak dapat dipengaruhi unsur genetik, ini penjelasan dari psikolog yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]