5 Cara Menghentikan ASI setelah Menyapih Anak, Coba Sering Peluk Si Kecil Bun

Trending 2 months ago 7
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Cara menghentikan ASI setelah menyapih anak sering kali menyulitkan ya, Bunda. Tak jarang, ASI malah lanjut mengalir dan membikin Bunda galau menyapih. 

Menyapih tak selalu melangkah mulus bagi sebagian Bunda. Ada kalanya, bayi sukses disapih tapi ASI tetap saja memproduksi. Alhasil, payudara jadi bengkak karena tak disusui pada bayi. Kalau sudah begini, niat menyapih busui seringkali goyah karena ASI yang terbuang begitu saja.

Mungkin di luar sana, ada juga yang merasakan hal yang sama dengan kondisi di atas ya, Bunda. Apalagi, melewati fase menyapih bukan hal mudah.


Butuh kesabaran busui untuk melalui tahapan demi tahapan tiba akhirnya sukses penyapihan dan buah hati pun merasa nyaman tanpa kerewelan yang berarti. Dan tentunya, payudara Bunda tetap kondusif tanpa bengkak yang menyakitkan.

Cara menghentikan ASI setelah menyapih 

Memang ya, Bunda, sangatlah normal ASI tetap mengalir setelah penyapihan. Bahkan, ada yang dibiarkan begitu saja dan muncullah bengkak kemudian. Rasanya tentu tak nyaman dalam kondisi ini. Untuk itu, biasanya dibutuhkan treatment spesifik agar ASI sigap mengering dan Bunda terlepas dari risiko payudara bengkak usai penyapihan.

1. Lakukan bertahap

Salah satunya merupakan menyapih secara bertahap yang sangat dianjurkan tetapi tak selalu dapat dilakukan. Seringnya, banyak busui melakukan penyapihan mendadak atau tiba-tiba sehingga membikin ketidaknyamanan dan dapat menyebabkan infeksi atau masalah medis lainnya.

Mengenai hal tersebut, sebaiknya Bunda dapat membicarakannya dengan dokter, bidan, ataupun konsultan laktasi mengenai pilihan sebelum mencoba salah satu dari metode yang dilakukan.

"Jelas ada aspek yang menenangkan untuk menyusui, untuk para bunda tetapi utamanya untuk para bayi. Jadi, Bunda perlu mengenalinya dan menggabungkan beberapa ikatan fisik serta kenyamanan terlepas dari apakah Bunda sudah tak lagi menyusui," ujar Adam Aponte, MD,  chairman of pediatrics and ambulatory care di North General Hospital, New York, seperti dikutip dari laman WebMD.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips cegah payudara kendur usai disapih.

[Gambas:Video Haibunda]