5 Alasan Bunda untuk Mulai Rencanakan Kehamilan Kedua

Trending 2 months ago 16
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Memiliki anak lebih dari satu mungkin menjadi angan beberapa Bunda. Namun setelah melahirkan anak pertama, Bunda mungkin merasa ragu kapankah waktu pas untuk mempunyai anak kedua. 

Beberapa Bunda mungkin sudah puas dengan mempunyai satu anak, tapi ada juga yang merasa keluarganya belum komplit kalau hanya dengan satu anak. Seorang pakar mengatakan bahwa kesehatan fisik dan emosional juga berpengaruh terhadap bilamana kehamilan kedua boleh terjadi.

Waktu pas miliki anak kedua

"Jika bunda dalam kesehatan fisik dan emosional yang baik, saya biasanya menyarankan dia menunggu untuk mengandung tiba anak bungsu dia sekeliling 18 bulan," kata Patrice Harold, OBGYN, direktur ginekologi invasif minimal di Detroit Medical Center's Hutzel Women's, dikutip dalam Parents.


Namun, melansir laman Healthline, sada beberapa unsur yang perlu Bunda pertimbangkan saat mau mempunyai anak lagi, seperti:

1. Dinamika keluarga

Memiliki bayi kedua tentu akan mengubah dinamika keluarga Bunda. Misalnya, Si Kecil tak lagi jadi anak tunggal dan akan mulai menyesuaikan diri dengan hadirnya adik kecil. Ingat, bahwa setiap anak mempunyai keunikan masing-masing.

Jika Si Kecil pertama Bunda mungkin termasuk bayi yang santai, tidur sepanjang malam dan saat menjadi balita juga tak banyak membikin ulah, jangan berasumsi ini akan terjadi pada bayi kedua karena niscaya akan berbeda.

2. Rentang usia

Salah satu hal yang perlu Bunda pertimbangkan ialah tentang perbedaan usia anak pertama dengan anak kedua. Beberapa Bunda mungkin ada yang mau mempunyai buah hati dengan usia yang berdekatan sehingga mereka dapat bermain bersama atau agar dapat memakai popok pada saat bersamaan.

Tapi, banyak juga Bunda yang mau mempunyai buah hati dengan jarak usia yang berjauhan untuk memberikan mereka waktu dalam menyesuaikan diri. Perbedaan usia ini memang sering dikesampingkan, padahal akan selalu ada hambatan yang tak nyaman dan membikin Bunda susah untuk mempunyai anak kedua.

3. Kondisi ekonomi

Bunda yang berencana menambah momongan tentu akan berdampak pada keuangan di masa depan karena banyak anak berarti bayak biaya. Memang, beberapa barang bekas anak pertama mungkin tetap dapat diturunkan kepada anak kedua, tapi tetap ada hal lainnya yang tak dapat dibagi, seperti biaya penitipan anak, biaya sekolah, dan lainnya.

Klik halaman berikutnya untuk tau lima dalih Bunda untuk memulai merencanakan kehamilan kedua.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kata Titi Kamal tentang kedua putranya. 

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan

Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right