5 Alasan Balita dan Anak Suka Melempar Barang, Salah Satunya Eksplorasi

Trending 3 days ago 6
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Anak akan lanjut mengalami perubahan dalam setiap usianya, Bunda. Ketika mereka memasuki usia balita, Si Kecil akan lebih banyak bereksplorasi dan mempunyai rasa mau tahu yang tinggi.

Balita kerap melempar barang atau mainan yang dapat mereka gapai. Jangan khawatir, ini ialah hal yang normal, Bunda.

Belajar melempar ialah tonggak perkembangan yang membutuhkan keterampilan motorik yang dikembangkan dan dikoordinasikan dengan tangan hingga mata yang baik. Namun, kalau Bunda memandang Si Kecil melempar barang untuk mendapatkan perhatian secara berulang, sebaiknya bicarakan dengan seorang profesional untuk mengatasinya.


Bunda, sangat krusial mengetahui penyebab kenapa Si Kecil kerap melempar barang. Jika Bunda sudah tahu alasannya, tentu akan mudah untuk mencari solusi.

Alasan balita melempar barang

Ternyata ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab anak senang melempar barang. Melansir dari laman Mom Junction, berikut ini deretannya:

1. Eksplorasi

Balita dipenuhi dengan rasa mau tahu dan mereka akan belajar sesuatu melalui eksperimen. Melempar barang dapat jadi hal yang menarik baginya.

Anak mungkin melempar barang untuk mengamati apa yang terjadi ketika barang memantul, jatuh, terciprat, atau bahkan pecah. Ini merupakan langkah balita menentukan karena dan akibat. Mengamati respons dapat membantu mereka memahami lingkungan dan hal lain di sekitarnya.

2. Mencari perhatian

Balita tentu menyukai perhatian dari orang-orang yang mereka sukai. Mereka akan melakukan banyak hal untuk menjadi pusat perhatian, melempar barang salah satunya.

Jika melempar barang memang benar dapat membikin mereka menarik perhatian, kemungkinan besar mereka akan mengulanginya, Bunda. Balita biasanya menggunakan trik ini saat orang uzur atau pengasuhnya sibuk dengan pekerjaan atau sedang berbicara dengan orang lain.

Simak dalih lainnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan lagi video mainan yang bikin anak happy saat mandi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak

Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right