4 Resep Pisang Gapit Berbagai Variasi, Topping Srikaya hingga Keju

Trending 2 months ago 15
ARTICLE AD BOX

Mungkin Bunda sudah familiar dengan makanan berbahan dasar pisang seperti pisang bakar, pisang sale, atau pisang goreng. Namun, apakah Bunda pernah mencoba resep pisang gapit?

Pisang gapit ialah hidangan penutup sekaligus cemilan yang berasal dari Kalimantan. Pisang gapit menggunakan pisang kepok yang dipanggang dan dipotong kecil-kecil. Setelah dibakar, pisang lampau disiram kuah gula merah.

Kudapan manis ini cocok disantap selagi hangat, Bunda. Cara membuatnya juga mudah. Bunda dapat membuatnya di rumah untuk camilan keluarga. Cocok banget dinikmati saat hujan!


Pisang yang digunakan untuk pisang gapit baiknya pisang kepok. Akan tetapi, Bunda juga dapat menggunakan jenis pisang lainnya.

1. Resep Pisang Gapit Keju

Berikut resep pisang gapit keju diambil dari Resep Ala Dapur Ibu Diaspora oleh Rumah Bermain Boga Ibu Profesional Asia 

Bahan: 

4 buah pisang  160 ml cream cair  50 ml santan kental  50 ml air   50 gram gula merah  5 tetes perisa pandan  2 sdm gula pasir  1 sdm tepung maizena  2 sdm mentega 

Topping: 

Parutan keju secukupnya

Cara membuat:

Pisang dikupas, pangkas menjadi 2 bagian memanjang. Kemudian pisang tersebut masing-masing dijepit (gapit) tiba agak gepeng.  Panaskan teflon dengan mentega baru dimasukkan pisang yang gepeng, masak hingga berubah warna dan harum.  Saus: campurkan cream, air, santan kental gula merah, gula dan perisa pandan dan kemudian blender. Panaskan saus tiba matang dan tambahkan maizena yang dicampur sedikit air dan jangan lupa sembari diaduk-aduk.  Letakkan pisang di atas piring atau mangkuk dan tambahkan saus secukupnya.  Tambahkan keju di atasnya dan siap disantap.  2. Resep Pisang Gapit Kuah Srikaya

Di bawah ini resep dan langkah membikin resep pisang gapit kuah srikaya dari kitab Semua Orang Bisa Bikin Kue.

Bahan: 

8 pisang kepok uzur matang  Margarin/minyak secukupnya 

Bahan Kuah Srikaya:

100 gram gula merah 50 gram gula pasir 200 ml air 5 biji daging durian 1 lembar daun pandan 1/2 sendok teh garam 100 gram gula merah

Cara membuat:

Kupas pisang Ialu geprek/pipihkan.  Panaskan wajan anti lengket 'alu olesi dengan margarin/minyak, masukkan pisang Ialu bakar sembari dibolak balik higga matang.  Kuah srikaya: Masak air. Masukkan gula, garam dan daun pandan. Aduk tiba gula mencair dan saring. Campurkan tepung maizena, santan dan air gula. Aduk rata, masak tiba matang dan sedikit mengental. Potong-potong pisang yang sudah dibakar dalam wadah lampau siram dengan kuahnya.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk resep pisang gapit lain.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.