4 Cara Menyusui agar Tidak Lecet dan Sakit, Coba Cari Posisi yang Tepat

Trending 1 month ago 985
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Cara menyusui agar tak lecet dan sakit krusial diketahui bunda menyusui. Apalagi, bunda yang pertama kali menyusui tentu tetap kesulitan menemukan posisi dan trik untuk menyusui bayinya tanpa terasa sakit.

Saat pertama kali melahirkan dan mulai menyusui, sedikit nyeri pada puting merupakan hal yang normal ya, Bunda. Bunda mungkin juga merasakan sedikit ketidaknyamanan saat bayi menyusui atau saat ASI mulai  menurun. Rasa sakit ringan ini biasa terjadi dan akan lenyap saat Bunda menyusui Si Kecil.

Seiring berjalannya waktu, menyusui memang harus terasa lebih nyaman ya, Bunda. Meskipun butuh proses dan upaya khusus, terkadang nyeri tekan menjadi lebih jelek dan puting dapat menjadi sangat sakit. Dan, ini menjadi masalah umum selama menyusui.


Cara menyusui agar tak lecet dan sakit 

Berbagai gangguan tersebut memang dapat berkembang luas karena berbagai dalih ya, Bunda. Termasuk karena pelekatan menyusui yang buruk, tak menggunakan pompa payudara dengan benar, ataupun adanya infeksi. 

"Puting yang sakit sangat umum terjadi pada wanita menyusui. Pencegahan sangatlah krusial dan pengobatan dapat dilakukan tergantung pada apa penyebabnya," ujar Deborah Weatherspoon, Ph.D, MSN.

Biasanya, puting yang sakit disebabkan berbagai hal ya, Bunda. Diantaranya  bayi tak menempel dengan baik, lecet, sariawan, dan proses adaptasi selama menyusui terutama bagi bunda baru, seperti dikutip dari laman Healthline.

Guna mencegah hal tersebut kembali berulang, simak yuk langkah menyusui agar tak lecet dan sakit berikut ini:

Pastikan bayi menyusu dengan baik

Pelekatan menyusui yang bagus merupakan salah satu kunci keberhasilan menyusui yang membantu mencegah puting sakit. Saat bayi menempel di payudara dengan benar, ia akan memasukkan seluruh puting dan beberapa areola di sekitarnya ke dalam mulutnya.

Jika bayi hanya menempel pada puting susu, gusinya akan menekannya saat ia mencoba mendapatkan ASI. Saat dia mengisap puting inilah yang dapat menyebabkan puting lecet dan sakit. Karenanya, perbaikilah pelekatan saat menyusui agar terhindari dari rasa nyeri dan sakit.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 penyebab puting terasa sakit saat pertama kali menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]