3 Tips Memilih Popok Bayi untuk Mencegah Ruam Popok

Trending 3 months ago 14
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Penggunaan popok bayi yang salah dapat menyebabkan iritasi di kulit lho, Bunda. Kondisi ini dikenal juga dengan ruam popok.

Saat ruam popok, Si Kecil dapat lanjut menangis karena merasa enggak nyaman. Ruam popok biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan hingga kulit mengelupas di area genital.

"Bayi lanjut menangis bukan berarti lapar saja, dapat juga karena kulit iritasi sehingga dia merasa tak nyaman," kata Dokter Spesialis Anak dr. Reza Fahlevi, Sp.A dalam Launching Era Baru MamyPoko Pants X-tra Kering Smart Peluk Elastis 5.0 di Mall Kota Kasablanka, belum lama ini.


Popok yang pas dapat cegah ruam popok

Menurut Reza, pemilihan popok yang pas dapat menjadi salah satu langkah mencegah ruam, Bunda. Apalagi mengingat kulit bayi tetap sangat sensitif.

"Fisiologis kulit bayi lebih tipis dari orang dewasa karena strukturnya belum sempurna secara umum lebih sensitif bila ada tekanan atau terkena pajanan lain. Pada (penggunaan) produk yang enggak sesuai, maka dapat lebih mudah rusak, dimulai dari kemerahan, lama-kelamaan dapat menjadi luka," ujar Reza.

Bayi yang mengalami ruam popok dapat berdampak pada psikologinya, Bunda. Saat bayi merasa tak nyaman, dia akan menangis. Pada bayi yang sudah lebih besar, biasanya mereka mulai menunjukkan tantrum bila mengalami ruam popok.

"Kemerahan, gatal, dan nyeri ruam popok dapat berdampak pada psikologi, pada bayi yang lebih besar jadi mudah tantrum," kata Reza.

Reza mengatakan, orang uzur sebaiknya lebih sensitif dalam mengenali ruam popok ini. Bila anak sudah terlihat tantrum atau sering menangis, pastikan penyebabnya bukan ruam popok.

Ruam popok dapat dicegah dengan memilih popok yang tepat, Bunda. Lalu apa saja tipsnya ya?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 5 kandungan berbahaya pada popok bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak

Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right