3 Penyebab ASI Menggumpal, Ketahui Cara Mengatasinya yuk Bunda

Trending 2 months ago 12
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Penyebab ASI menggumpal dan langkah mengatasinya perlu diketahui para busui. Apalagi, risiko ini dapat dialami bilamana saja selama menyusui. Yuk, cari tahu lebih lanjut infonya, Bunda.

Menyusui dengan sukses tentu membutuhkan waktu dan upaya ya, Bunda. Terutama bagi Bunda yang memompa ASI dari waktu ke waktu. Setiap tetesnya tentu sangatlah berharga. Berbagai upaya pun dilakukan demi menyelamatkan setiap tetes ASI untuk buah hati.

Dalam perjalanannya, perjuangan menyusui pun tak selalu mulus ya, Bunda. Berbagai permasalahan turut mewarnai di dalamnya. Tidak saja menyoal pasokan ASI tetapi juga permasalahan ASI yang menggumpal dan kerap dialami para busui di luar sana.


Hal ini memang dapat disebabkan berbagai unsur ya, Bunda. Apalagi, tekstur ASI memang kerap berubah-ubah dan tentunya membikin Bunda panik saat melihatnya. Termasuk ketika ASI mendadak jadi tampak menggumpal saat mau diberikan ke bayi.

Penyebab ASI menggumpal 1. ASI mengendap

"Ketika ASI berlemak mengendap di dalam payudara dan tak ditransfer dengan benar, memang dapat terlihat menggumpal," jelas Ashley Georgakopoulos, Konsultan Laktasi dan Motif Medical Lactation Director, seperti dikutip dari laman Romper.

2. Pelekatan buruk

Biasanya, kondisi tersebut juga dapat disebabkan pelekatan yang jelek atau lemahnya mengisap payudara

3. Teknik memompa ASI yang kurang tepat

ASI menggumpal juga dapat disebabkan teknik pemompaan yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Bunda pun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi agar dapat dianalisis teknik pemompaan dan pemberian makan yang bagus guna menyelesaikan masalah tersebut.

Apalagi, ASI menggumpal tidak saja dikaitkan dengan ketidaknyamanan tetapi juga menandakan beberapa masalah serius lainnya ya, Bunda. Seperti dikatakan Anne O'Connor IBCLC, bahwa ASI yang menggumpal merupakan ASI yang tetap di payudara. Hal ini sering terjadi setelah pembengkakan yang berkepanjangan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab ASI Bunda kental seperti puding.

[Gambas:Video Haibunda]