20 Ucapan Cap Go Meh 2023 Menyentuh Hati dan Penuh Doa

Trending 4 days ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Setiap kali merayakan Imlek dan Cap Go Meh, orang-orang akan berkumpul dengan keluarga mereka dan saling bertukar ucapan Cap Go Meh. Hal inilah yang membikin suasana seremoni Cap Go Meh terasa semakin hangat.

Ucapan Cap Go Meh merupakan bentuk doa dan ungkapan tulus di awal tahun Imlek untuk kebahagiaan dan keberkahan orang-orang dalam menjalani hidup setahun ke depan yang saling diberikan kepada sesama.  

Namun sebelum memberikan ucapan Cap Go Meh kepada sesama, sudahkah Bunda mengetahui bagaimana sejarah dan tradisi perayaannya? Jika belum, Bunda dapat menyimak penjelasan mengenai tradisi Cap Go Meh berikut ini.


Apa itu Cap Go Meh? Sejarah dan tradisi

Cap Go Meh merupakan bagian dari rangkaian seremoni Hari Raya Imlek. Istilah Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkian yang artinya malam ke-15. Jika Bunda menafsirkannya per kata maka cap artinya sepuluh, go artinya lima, dan meh artinya malam.

Dilansir dari detikcom, tradisi Cap Go Meh sudah hadir sejak ratusan tahun lalu. Perayaan Cap Go Meh mulai dikenal sejak seratus tahun ke 2 masehi saat era Dinasti Han di Tiongkok. Masyarakat Tiongkok mengenal Cap Go Meh sebagai Festival Yuan Xiao. Tradisi seremoni ini biasa diselenggarakan bersama dengan pesta rakyat atau makan malam bersama keluarga besar.

Setiap kali seremoni Cap Go Meh tiba, masyarakat akan menghidangkan makanan khas mereka adalah Yuan Ziao atau Bunda di Indonesia mengenalnya sebagai ronde.

Tradisi Cap Go Meh dari Tiongkok ini kemudian menyebar ke beberapa negara di Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia melalui hasil akulturasi dari masyarakat Tionghoa peranakan. Sementara tradisi Cap Go Meh di Indonesia lazimnya dirayakan dengan makan ketupat dan lontong Cap Go Meh. Kedua makanan ini dianggap spesial karena mempunyai makna sebagai pemandu keberuntungan.

Kapan seremoni Cap Go Meh 2023 berlangsung?

Cap Go Meh selalu dirayakan setiap tanggal ke-15 di bulan pertama tahun baru Imlek. Jadi pada tanggal berapakah Cap Go Meh 2023 akan dilaksanakan, Bunda? Pada Hari Raya Imlek tahun ini yang ditetapkan pada tanggal 22 Januari, maka Cap Go Meh 2023 akan jatuh pada tanggal 5 Februari 2023 atau bertepatan pada hari Minggu.

Perayaan Cap Go Meh pada 5 Februari 2023 nanti menandakan penutup dari serangkaian kegiatan dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek. Biasanya akan diadakan beberapa kegiatan, mulai dari festival lampion sebagai simbol yang mewakili penerangan hidup dan kelancaran rezeki, atraksi barongsai, hingga makan ketupat atau lontong Cap Go Meh bersama personil keluarga.

Banner Imlek 2023

10 ucapan Cap Go Meh yang menyentuh hati dan penuh doa

Bunda dapat memilih beberapa ucapan Cap Go Meh berikut untuk orang-orang terdekat sebagai ungkapan menyentuh hati.

Happy Cap Go Meh 2023! Semoga anda sekeluarga diberikan kesehatan, kedamaian dan kesuksesan di sepanjang tahun ini. Pada seremoni Tahun Baru Imlek kali ini, saya berharap anda dan keluarga setiap harinya selalu dipenuhi dengan kebaikan dan kehangatan. Selamat merayakan Cap Go Meh! Selamat Cap Go Meh! Bagi siapa pun yang merayakan semoga selalu dipenuhi dengan kebahagiaan dan tahun terbaik di sepanjang 2023. Semoga anda berlimpah kekayaan, kesuksesan, dan kegembiraan di sepanjang tahun ini. Selamat merayakan Cap Go Meh dan Tahun Baru Imlek 2023! Semoga Anda mempunyai seremoni Cap Go Meh yang bagus bersama keluarga dan orang-orang yang Anda cintai. Selamat berkumpul! Selamat Imlek 2023 untuk semua! Semoga di sepanjang tahun 2023 memberkahi kita semua. Selayaknya seremoni lampion, semoga festival Cap Go Meh tahun ini bisa menerangi hidupmu dengan kebahagiaan dan hal-hal bagus lainnya. Lentera penerang dalam seremoni Cap Go Meh semoga dapat menyebarkan kilauan dan kegembirannya pada hidup kita untuk hari-hari mendatang. Selamat berkumpul dengan keluarga dan merayakan Cap Go Meh bersama! semoga anda berbahagia selalu. Selamat Cap Go Meh 2023! Mari sambut momen bagus ini dengan keindahan dan senyuman agar anda dapat menikmati keberkahan dan kebahagiaan di sepanjang tahun. 10 kata-kata mutiara untuk ucapan Cap Go Meh 2023

Adapun Bunda dapat memberikan kata-kata mutiara berikut sebagai ucapan Cap Go Meh 2023 sebagai ungkapan tulus kepada sanak kerabat ataupun teman.  

Semoga hari-harimu ke depannya layaknya lentera di tengah malam festival Cap Go Meh yang selalu bersinar dan memberikan kehangatan dan kebahagiaan kepada sesama Semoga sinar lampion malam Cap Go Meh selalu menerangi jalan dan membimbingmu menuju kebaikan. Segala keberkahan Cap Go Meh semoga selalu mengiringi setiap langkah dan hidupmu. Mari buka jendela dan pintu rumahmu lebar-lebar agar keberuntungan masuk dan nyalakan lentara untuk asa dan angan yang baru. Selamat Cap Go Meh 2023! Sambut datangnya Cap Go Meh 2023 dengan sukacita agar hari-hari mendatang selalu dipenuhi dengan kebahagiaan dan keberkahan. Semoga hal-hal bagus selalu mengelilingi kita seluruh di sepanjang tahun 2023. Selamat Cap Go Meh 2023. Biarkan Tahun Baru Imlek kali ini membawakanmu pengalaman baru, kebahagiaan baru, kedamaian baru untuk keluarga dan kesuksesan untukmu. Semoga Tahun Baru Imlek dan seremoni Cap Go Meh menjadi pengingat bagi kita bersama untuk berharap dan memimpikan asa pada waktu yang akan datang. Semoga seremoni Cap Go Meh kali ini memberikanmu segala hal bagus dalam hidup dan angan serta keinginanmu dapat terwujud satu per satu. Semoga di tahun kelinci air kali ini, ada banyak cinta, tawa, dan kebahagiaan yang senantiasa melingkupi kita di sepanjang tahun 2023. Selamat merayakan Cap Go Meh 2023 bersama keluarga!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda niscaya sering dengan Gong Xi Fa Cai kan saat Imlek? Ketahui maknanya yuk, simak di video ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

(fia/fia)