15 Daftar Makanan Terbaik saat Diet, Wajib Disajikan di Meja Makan

Trending 1 week ago 10
ARTICLE AD BOX

Instastori

Kamis, 22 Sep 2022 10:00 WIB

Bagikan :  

Makanan punya peran krusial dalam proses penurunan berat badan. Ada beberapa makanan terbaik saat diet yang wajib disajikan di meja makan. Ilustrasi. Buncis, salah satu makanan terbaik saat diet. (Neha Deshmukh)

Jakarta, Instastori Indonesia --

Bukan rahasia lagi, asupan makanan punya peran krusial saat Anda sedang menjalani program menurunkan berat badan. Ada beberapa makanan terbaik saat diet yang wajib Anda sajikan di meja makan.

Berat badan ideal bukan hanya perkara penampilan yang semakin menarik. Lebih dari itu, berat badan ideal dapat menjadi salah satu representasi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berat badan berlebih hanya akan meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis. Untuk itu, krusial bagi Anda untuk menjaga berat badan tetap terkontrol.

Salah satunya ialah dengan menjalani diet sehat. Pola makan yang sehat akan membantu Anda mengontrol berat badan.

Makanan saat Diet

Ada beberapa pilihan makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Boleh dibilang, daftar makanan ini wajib disajikan di meja makan.

Berikut daftarnya, mengutip berbagai sumber.

1. Telur

Makanan terbaik saat diet yang pertama ialah telur. Mengutip Medical News Today, asupan telur dapat membantu menurunkan berat badan.

Asupan telur dapat membikin Anda tetap kenyang dalam waktu lama. Sarapan telur telah terbukti dapat membikin seseorang makan lebih sedikit di waktu makan berikutnya.

2. Oatmeal

ilustrasi oatmealIlustrasi. Semangkuk oatmeal saat sarapan, makanan terbaik saat diet. (Istockphoto/ Creacart)

Memulai hari dengan semangkuk oatmeal juga dapat membantu mengontrol berat badan. Sama seperti telur, oatmeal membikin seseorang merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

Sarapan oatmeal juga membikin asupan kalori di siang hari biasanya lebih sedikit.

3. Buncis

Buncis dan jenis kacang-kacangan lainnya juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Efek ini didapat berkat kandungan protein dan serat yang ada di dalamnya.

Sama halnya dengan oatmeal, kacang-kacangan mengandung serat larut yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan. Asupan protein pada kacang-kacangan juga dapat melepaskan hormon yang menandakan rasa kenyang.

4. Alpukat

Alpukat ialah buah yang kaya akan serat dan lemak sehat. Dengan kandungannya itu, alpukat jelas dapat membantu mengontrol berat badan.

Studi menemukan, orang-orang yang kerap mengonsumsi alpukat punya kecenderungan untuk menjalani pola makan yang sehat. Mereka ditemukan lebih banyak mengonsumsi buah, sayur, dan sumber serat.

5. Stroberi

Stroberi dan berbagai jenis buah beri lainnya mengandung serat yang dapat membantu penurunan berat badan. Beri bahkan disebut-sebut sebagai buah dengan kandungan serat tertinggi.

6. Brokoli
Brokoli dan sayuran silang lainnya mengandung serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa sayuran silang yang dapat Anda sajikan selain brokoli diantaranya kembang kol dan kubis.

7. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon dikenal kaya akan nutrisi, termasuk diantaranya protein dan lemak sehat. Mengutip Healthline, keduanya berperan dalam penurunan berat badan dengan langkah meningkatkan rasa kenyang.

Tak hanya itu, salmon juga sarat dengan masam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan berperan dalam kasus kegemukan dan penyakit metabolik seperti diabetes.