10 Film Kartun Anak yang Mendidik dan Bernilai Positif, Ada Favorit Si Kecil?

Trending 2 months ago 20
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Semakin berkembangnya bumi teknologi membikin nilai-nilai positif juga dapat diperkenalkan pada anak lewat tontonan kartun. Nah, apa saja pilihan film animasi anak yang mendidik?

Sebagai orang tua, tentu Bunda perlu memperhatikan beberapa unsur krusial dalam memilih tontonan anak. Mulai dari genre, alur cerita, hingga penggunaan bahasa yang diucapkan dalam dialog.

Jangan tiba tontonan anak malah mengandung konten-konten berisiko seperti misalnya aktivitas kekerasan atau bullying. Sebab anak sangat mudah meniru ucapan atau perilaku yang ia tonton, terutama kalau anak sangat menyukai watak tersebut kan?


Pilihan judul film animasi anak yang mendidik

Lalu apa saja pilihan-pilihan judul film animasi anak yang mendidik dan dapat Bunda jadikan tontonan Si Kecil? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Coco (2017)

Film animasi Coco diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures. Berkisah tentang seorang anak mini bernama Miguel Rivera, yang tinggal bersama nenek buyutnya bernama Coco di sebuah desa kecil.

Senang dengan musik, Miguel bercita-cita menjadi penyanyi. Namun tak mudah, ia harus memperjuangkan mimpi ini karena musik dahulunya ialah sesuatu yang dilarang dalam keluarganya.

2. Finding Nemo (2003)

Meski sudah lama dirilis, film ini menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Bahkan, film ini pernah meraih penghargaan Academy Awards dan Golden Globe sebagai film Animasi Terbaik.

Finding Nemo menceritakan tentang perjuangan seekor clown fish bernama Marlin menjelajah laut untuk mencari anaknya bernama Nemo yang hilang. 

Film ini menunjukkan bagaimana besarnya kasih sayang seorang Ayah kepada anaknya. Begitu juga dengan kerinduan seorang anak untuk dapat lanjut menghabiskan waktu bersama Ayahnya. 

3. Nussa The Movie (2021)

Menceritakan tentang abang beradik bernama Nussa dan Rara, film animasi ini diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions.

Dalam film ini diceritakan bahwa sang kakak, Nussa, sedang berjuang untuk memenangkan lomba sains. Namun, ia tetap berjuang jujur dan berjuang dalam menggapai mimpinya.

4. Zootopia (2016)

Jika Si Kecil senang dengan tokoh-tokoh animasi berupa hewan, film Zootopia dapat Bunda jadikan pilihan. Bercerita tentang seekor kelinci bernama Judy, yang bermimpi menjadi polisi.

Mimpi tersebut sempat susah diwujudkan karena Judy mempunyai postur tubuh yang kecil, sehingga dianggap tak cocok masuk akademi kepolisian. 

Kendati demikian, Judy tetap berjuang melakukan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Nilai moral dalam film ini pun menunjukkan bahwa kita tak boleh menganggap remeh orang lain dan harus percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Intip pilihan judul-judul film lain di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video dalih Nikita Willy tak memberikan gadget pada anak sejak dini:

[Gambas:Video Haibunda]